Membuat Food Photography Tampak Menggiurkan

Tips Fotografi – Beberapa waktu lalu ada Sobat InFotografi yang bertanya tentang bagaimana sih membuat foto makanan tampak menggiurkan? Sobat InFotografi tersebut sangat suka sekali dengan makanan dan gemar berwisata kuliner. Ternyata hobi memasak dan fotografi bisa jadi partner yang hebat loh..🙂

food

Pencahayaan bukan menjadi masalah utama jika Sobat memiliki satu jendela berukuran besar. Kenapa demikian? Sobat dengan mudah mendapatkan natural light yang bisa berdampak besar bagi foto makanan atau food photography kalian. Dengan ukuran jendela yang besar, Sobat bisa dengan mudah menempatkan makanan serta mendapatkan cahaya matahari yang merata. Permasalahan yang dia hadapai adalah: hasil foto-foto makanannya selalu tampak membosankan dan tidak menggugah selera makan! Lalu bagaimana membuat foto tersebut tampak menggiurkan?

Food Photography merupakan cara terbaik untuk melatih kemampuan fotografi, tetapi food photography juga bisa terasa sulit ketika Sobat mencoba mendapatkan foto yang benar-benar menggugah selera makan para penikmat foto kalian. Kunci dari foto makanan yang baik sebenarnya adalah KOMPOSISI. Akan sulit mendapatkan foto bagus jika hanya memotret makanan dari arah atas.
Luangkan sedikit waktu kalian sebelum memotret untuk  melakukan hal-hal seperti: melakukan pengaturan tata letak makanan diatas meja, menambahkan elemen-elemen lain seperti sendok, garpu, serbet pada komposisi foto kalian. Proporsi makanan beserta elemen-elemen tersebut akan menembahkan konteks pada foto kalian. Sobat juga bisa menambahkan obyek lain dalam frame seperti bunga, buah atau sayur untuk memperkuat kesan still life dalam foto.

food-photo

Beberapa tips lain yang bisa Sobat lakukan saat Food Photography adalah:

  • Sertakan Warna – Tambahkan backdrop bewarna-warni pada foto kalian menggunakan. Manfaatkan keberadaan warna untuk melengkapi subyek foto, Sobat juga bereksperimen dengan warna kontras untuk tampilan makanan yang memiliki kesan berani
  • Membelah makanan – Cobalah untuk membelah atau mengiris makanan atau bisa juga memberikan satu gigitan sebelum memotret. Hal ini akan membantu untuk menonjolkan tekstur serta detail yang ada di bagian dalam makanan. Terlihat lebih lezat dan menarik bukan?
  • Sertakan sentuhan manusia – Berkreasilah! Sobat tidak perlu hanya melulu memotret makanan tersebut. Ajak teman dan minta dia untuk memposisikan tangannya mengambil makanan. Cara ini akan menambah sentuhan personal ke food photography kalian.

Selamat mencoba🙂

sumber:http://www.infotografi.com/2013/06/membuat-food-photography-tampak-menggiurkan.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s