SISTEM INFORMASI MENEJEMEN

Pengantar SIM

Pengantar Sistem Informasi Manajemen

1.1. Konsep Dasar Sistem Konsep dasar sistem ada dua pendekatan yaitu
penekanan pada prosedurnya dan penekanan pada komponennya.
– Definisi sistem yang lebih menekankan pada prosedur adalah :
suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
– Suatu prosedur adalah : suatu urut-urutan operasi klerikal (tulis-menulis), biasanya melibatkan beberapa orang di dalam satu atau lebih departemen, yang diterapkan untuk menjamin penanganan yang seragam dari transaksi-transaksi bisnis yang terjadi.
– Definisi lain dari prosedur adalah : urut-urutan yang tepat dari tahapan-tahapan instruksi yang menerangkan apa yang harus dikerjakan, siapa yang mengerjakannya, kapan dikerjakan dan bagaimana mengerjakannya
– Definisi sistem yg lebih menekankan pada konponen/elemen adalah : kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
– Karakteristik sistem yaitu : mempunyai komponen, batas sistem, lingkungan luar sistem, penghubung, masukan, keluaran, pengolah/proses, dan sasaran atau tujuan.
– Klasifikasi sistem dari beberapa sudut pandang sebagai berikut :
1. Sistem sebagai sitem alamiah dan sistem buatan manusia.
2. Sistem sebagai sistem abstrak dan sistem fisik.
3. Sistem sebagai sistem tertentu (deterministic) dan sistem tak tentu (probabilistic)
4. Sistem sebagai sitem tertutup dan sistem terbuka.

 

Jenis-jenis Sistem
Contoh sistem informasi antara lain :
1. Sistem reservasi penerbangan, digunakan dalam biro perjalanan untuk melayani pemesanan/pembelian tiket.
2. Sistem POS (Point Of Sale) yang diterapkan di pasar swalayan dengan dukungan barcode reader untuk mempercepat pemasukan data.
3. Sistem layanan akademis yang memungkinkan mahasiswa memperoleh data akademis dan mendaftar mata kuliah yang diambil pada tiap semester.
4. Sistem penjualan secara kredit agar dapat memantau hutang pelanggan yang jatuh tempo.
5. Sistem smart card yang dapat digunakan tenaga medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien.
Kemampuan utama sistem Informasi 6. melaksanakan komputasi numerik, bervolume besar dan dengan kecepatan tinggi.
7. menyediakan kominukasi dalam organisasi atau antar organisasi yang murah.
8. menyimpan informasi dalam jumlah yang sangat besar dalam ruang yang kecil tetapi mudah diakses.
9. memungkinkan pengaksesan informasi yang sangat banyak diseluruh dunia dengan cepat dan murah.
10. meningkatkan efektifitas dan efisiensi orang-orang yang bekerja dalam kelompok dalam suatu tempat atau beberapa lokasi.
11. mengotomatisasikan proses-proses bisnis dan tugas-tugas yang dikerjakan secara manual.
12. mempercepat pengetikan dan penyuntingan.
13. pembiayaan yang lebih murah daripada pengerjaan secara manual.

 

Komputer Sebagai Pemecahan Masalah

 

ARSITEKTUR KOMPUTER

>Central Processing Unit (CPU) mengendalikan semua unit sistem komputer dan mengubah input menjadi output.

>Unit pengendalian (control unit) membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem.

>Misalnya prosesor dan arithmetic and logic unit (ALU) merupakan tempat berlangsungnya operasi perhitungan logika serta mengolah isi penyimpanan primer.

>Penyimpanan sekunder menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan.

 

PEMROSESAN PUSAT dan PENYIMPANAN PRIMER

>Penyimpanan komputer (computer storage) ada dua bentuk dasar yaitu primer dan sekunder.

>Penyimpanan primer biasanya disebut main memori.

>Tehnologi IC utk menyediakan random access memori (RAM) yg digunakan utk menyimpan perangkat lunak dan data

>Read Only Memori (ROM) untuk menyimpan material seperti intruksi pada saat komputer dinyalakan dan cache memori.

 

PENGENALAN DATA BASE

Sim Basis data (Bahas Inggris: database magement system, DBMS), atau kadang di singkat SMBD adalah suatusistematau perangkat lunak yang dirancang untuk mengelolasuatu  basis datadan menjalankan operasi terhadap datayang diminta banyak pengguna. Contoh tipikalSMBD adalahakuntansi, sumber daya manusia, dan sistem pendukung pelanggan, SMBD telah berkembang menjadi bagian standar di bagian pendukung (

back office

) suatu perusahaan. ContohSMBD adalah Oracle, SQL server 2000/2003,MS Access,MySQLdan sebagainya. DBMS merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk dapat melakukan utilisasi dan mengelola koleksi data dalam jumah yang besar. DBMS juga dirancang untuk dapat melakukan masnipulasi data secara lebih mudah.Sebelum adanya BMS maka data pada umumnya disimpan dalam bentuk flatfile, yaitu file teks yangada pada sistem operasi. Sampai sekarangpun masih ada aplikasi yang menimpan data dalam bentuk flat secara langsung. Menyimpan data dalam bentuk flat file mempunyai kelebihan dan kekurangan.Penyimpanan dalam bentuk ini akan mempunyai manfaat yang optimal jika ukuran filenya relatif kecil,seperti file passwd. File passwd pada umumnya hanya igunakan untuk menyimpan nama yang jumlahnya tidak lebih dari 1000 orang. Selain dalam bentuk flat file, penyimpanan data juga dapatdilakukan dengan menggunakan program bantu seperti spreadsheet. Penggunaan perangkat lunak inimemperbaiki beberapa kelemahan dari flat file, seperti bertambahnya kecepatan dalam pengolahandata.Sistem Manajemen Basis-Data (Data Base Management System / DBMS) adalah perangkat lunak sistem yang memungkinkan para pemakai membuat, memelihara, mengontrol, dan meng-akses basis datadengan cara praktis dan efisien. DBMS dapat digunakan untuk meng-akomodasikan berbagaimacam pemakai yang memiliki kebutuhan akses yang berbeda-beda. DBMS pada umumnyamenyediakan fasilitas atau fitur-fitur yang memungkinkan data dapat diakses dengan mudah, aman, dancepat. Beberapa fitur yang secara umum tersedia adalah:

Keamanan :

DBMS menyediakan sistem  pengamanan datasehingga tidak mudah diakses olehorang yang tidak memiliki hak akses.

 

Independensi :

DBMS menjamin independensi antaradatadan program, data tidak bergantung pada program yang meng-akses-nya, karena struktur data-nya dirancang berdasarkan kebutuhaninformasi, bukan berdasarkan struktur program. Sebaliknya program juga tidak bergantung padadata, sehingga walaupun struktur data diubah, program tidak perlu berubah.

 

Konkruensi / data sharing :

data dapat diakses secara bersamaan oleh beberapa penggunakarena manajemen data dilaksanakan oleh DBMS.

 

Integritas :

DBMS mengelola file-file data serta relasi-nya dengan tujuan agar data selaludalam keadaan valid dan konsisten

 

Pemulihan :

DBMS menyediakan fasilitas untuk memulihkan kembali file-file data ke keadaansemula sebelum terjadi-nya kesalahan (error) atau gangguan baik kesalahan perangkat kerasmaupun kegagalan perangkat lunak.

Kamus / katalog sistem :

DBMS menyediakan fasilitas kamus data atau katalog sistem yangmenjelaskan deskripsi dari field-field data yang terkandung dalam basisdata.

 

Perangkat Produktivitas :

DBMS menyediakan sejumlah perangkat produktivitas sehinggamemudahkan para pengguna untuk menarik manfaat dari database, misalnya

report generator 

(pembangkit laporan) dan

query generator 

(pembangkit query / pencarian informasi).

 

Sistem Manajemen Basis-Data (DBMS) memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan pengelolaan data tanpa DBMS, walaupun tidak terlepas dari beberapa kelemahan.Keunggulan DBMS antara lain sbb:

•Mengurangi duplikasi data atau data redundancy

•Menjaga konsistensi dan integritas data

•Meningkatkan keamanan data

•Meningkatkan effisiensi dan effektivitas penggunaan data

•Meningkatkan produktivitas para pengguna data

•Memudahkan pengguna dalam menggali informasi dari kumpulan data

•Meningkatkan pemeliharaan data melalui independensi data

•Meningkatkan pemakaian bersama dari data

•Meningkatkan layanan backup dan recovery data

•Mengurangi konflik antar pengguna dataKelemahan DBMS antara lain sbb:

•Memerlukan suatu skill tertentu untuk bisa melakukan administrasi dan manajemen databaseagar dapat diperoleh struktur dan relasi data yang optimal

•Memerlukan kapasitas penyimpanan baik eksternal (disk) maupun internal (memory) agar DBMS dapat bekerja cepat dan efisien.

•Harga DBMS yang handal biasanya sangat mahal

•Kebutuhan akan sumber daya (resources) biasanya cukup tinggi

•Konversi dari sistem lama ke sistem DBMS terkadang sangat mahal, disamping biaya pengadaan perangkat keras dan perangkat lunak, diperlukan pula biaya pelatihan.

•Apabila DBMS gagal menjalankan misinya maka tingkat kegagalan menjadi lebih tinggi karena banyak pengguna yang bergantung pada sistem ini.Berikut ini disajikan tabel beberapa DBMS yang terkenal.

 

SISTEM INFORMASI BERBASI KOMPUTER

Computer Based Information System (CBIS) atau Sistem Informasi Berbasis Komputer merupakan suatu sistem pengolah data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan. Sehubungan dengan itu Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya, sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.

Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sebenarnya Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.

Program Studi Sistem Informasi mengajarkan landasan ilmu pengetahuan dan penerapan Teknologi Informasi dalam suatu organisasi. Terkait hal tersebut, kurikulum Program Studi Sistem Informasi bersifat khas karena dibangun di atas 3 (tiga) bidang yaitu: komputer, manajemen dan bisnis. Dengan demikian selama perkuliahan, mahasiswa akan dibekali dengan berbagai kompetensi di ketiga bidang tersebut agar mereka mampu memberikan solusi terkait Sistem Informasi/Teknologi Informasi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.
Untuk memberikan kompetensi di bidang komputer, mahasiswa dibekali dengan kemampuan antara lain: pemrograman, jaringan komputer, basis data, pengembangan software, dsb. Oleh karena itu kemampuan manajemen mahasiswa diasah melalui kuliah antara lain: prinsip-prinsip manajemen, manajemen sistem informasi, manajemen proyek, dsb.
Di samping itu, di dalam proses belajar-mengajarnya, dikembangkan pula berbagai kemampuan soft skills, yakni kemampuan-kemampuan dalam berkomunikasi, bekerja dalam tim (kelompok), menulis karya ilmiah, berpikir kreatif dan inovatif serta memiliki etika profesi. Jadi kemampuan-kemampuan tersebut menyatu di dalam kurikulum Program Studi Sistem Informasi dan dibangun melalui tugas-tugas kelompok, presentasi, diskusi, kerja praktek ke dunia industri atau bisnis, dan lain-lain

 

 

 

DAUR HIDUP SISTEM

 

Dalam siklus hidup sistem terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan, salah satu diantaranya adalah studi kelayakan. Dalam studi kelayakan itu sendiri terdapat point-point sebagai berikut ;

1. TEKNIS

Teknis berarti komputer dapat melakukan proses yang diperlukan. Proses dalam hal ini bukan merupakan cara komputer untuk melakukan pemrosesan data, tetapi proses disini merupakan perangkat keras(hardware) atau perangkat lunak(software) yang terdapat pada komputer yang akan digunakan untuk pemrosesan data.

2. EKONOMIS

Ekonomis artinya sistem dapat diatur secara ekonomis. Dengan kata lain, komputer dapat berjalan secara otomatis dalam hal melakukan pengeluaran(output) data, dari input yang telah dibuat, dan hasil dari output data tersebut adalah bersifat ekonomis atau non-ekonomis.

3. RESMI

Resmi adalah, sistem yang telah dibuat tidak boleh keluar atau melenceng dari hukum dan etika yang berlaku di negara kita ini.

4. OPERASIONAL

Operasional adalah, sistem yang telah dibuat mendapat dukungan dari user. semakin banyak user yang memakai sistem yang telah dibuat, maka sistem tersebut telah mendapat dukungan yang besar dari penggunanya, tetapi sebaliknya, bila sistem tersebut hanya digunakan oleh beberapa user, maka dukungan untuk sistem tersebut kurang dan sistem layak untuk mendapatkan perubahan.

5. TERJADWAL

Terjadwal berarti, untuk mengimplementasikan sistem tidak ada kendala waktu. Maksudnya, sistem yang akan digunakan selesai tepat pada waktunya agar user dapat memakainya sesuai dengan kebutuhan.

Dari 5 point studi kelayakan tadi, dapat disimpulkan bahwa studi ini sangat diperlukan karena studi kelayakan ini adalah suatu tinjauan sekilas pada faktor-faktor utama yang akan mempengaruhi kemampuan sistem untuk mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan.

 

INFORMATION RESOURCE MANAGEMENT

 

Definisi IRM(Information Resources Management)

IRM(Information Resources Management) adalah suatu konsep manajemen sumber informasi yang mengenal informasi sebagai sumber organisasional utama yang harus dikelola dengan tingkat kepentingan yang sama , contohnya seperti keuangan, peralatan, & manajemen.

Tipe-tipe sumber informasi, dapat mencakup :

Beberapa fasilitas pendukung, seperti database, software, hardware. Kemudian informasi dari para spesialis, dan informasi umum untuk para pemakai.

Informasi sebagai sumber strategis :

•Informasi merupakan salah satu sumber yang dapat menghasilkan keuntungan yang kompetitif. Dengan cara memfokuskan pada pelanggan serta mebangun sistem informasi yang bisa meningkatkan arus informasi antar perusahaan dan elemen lingkungannya.
•Arus informasi antar perusahaan dan pelanggan
-Informasi yang menerangkan penggunaan produk
-Informasi yang menerangkan kebutuhan produk
-Informasi yang menerangkan kepuasan produk

Keuntungan kompetitif dapat dicapai apabila :

Pentingnya efisiensi operasi internal§
Terjalin hubungan yang baik antar elemen-elemen yang bersangkutan§
Diperlukan arus informasi dengan semua elemen-elemen dan lingkungannya.§

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s